Berbagi Tips menghemat Pengobatan Kanker

6:53 PM 0 Comments A+ a-





Biaya pengobatan kanker Mahal? Jawabannya, mahal banget ! Sebenarnya jawaban pertanyaan ini masih relatif lho. Mengapa saya bilang demikian. Ya, ini tergantung dari banyak faktor pula. Seandainya kanker bisa terdeteksi pada stadium awal, tentunya biaya pengobatan tidak terlalu semahal pada stadium lanjut.

Selain itu, tingkat kesembuhan pada pengobatan stadium awal, insya allah akan jauh lebih tinggi. Tingkat kesembuhan pada stadium lanjut pun bisa sembuh lho, walaupun butuh proses, waktu dan bisa jadi biaya tinggi. Ini saya rasakan sendiri, mengingat stadium kanker saya sudah stadium lanjut. Selain biaya pengobatan yg mahal, belum lagi efek sakit dan yang nyeri yg luar biasa.

ada banyak pertanyaan pada saya dari teman teman mengenai bagaimana cara menghemat biaya pengobatan kanker.  Sebenarnya ada banyakBerbagi Tips menghemat Pengobatan Kanker , tinggal bagaimana kita selaku pasien kanker menyiasatinya. Antara lain :


1. Memanfaatkan fasilitas kesehatan
Fasilitas kesehatan yang saya maksud seperti yang di sediakan pemerintah. contohnya Jamkesda, jamkesmas. Atau askes, jamsostek yang sekarang dinaungi lembaga BPJS. Memang tidak semua pengobatan kanker ditanggung, namun keberadaan fasilitas kesehatan ini amat membantu penghematan biaya pengobatan kanker.
tidak ada salahnya mencoba mencari informasi mengenai fasilitas kesehatan ini. Saya pribadi sangat terbantu dengan fasilitas jamkesda yang diberikan oleh pemerintah kota Bontang. (terima kasih ya...pemkot Bontang karena telah banyak membantu masyarakatnya)


2. Obat gratis atau diskon.
Nah... Pasti bingung kan... Apa benar ada obat gratis atau diskon. Padahal pengobatan kanker mahal bamgettt.... Ya, seperti saya bilang, semua kan ada ilmu dan cara menyiasatinya. untuk obat dengan harga diskon, ini juga pakai cara. Caranya dengan survey harga di berbagai apotik hehehe.... Ya, ini sudah menjadi rahasia umum. Kalau harga obat satu apotik, ada pula yang beda dengan apotik lainnya. Walaupun tidak semua lho... Jadi kita harus jeli untuk mencari informasi dan survey. Saya sendiri punya apotik langganan yang memang punya harga lebih miring dengan harga di apotik lainnya. Lumayan kan kalo beda 10 ribu atau 5 ribu untuk obat rutin yang harus diminum hehehe. Oh ya, bicara mengenai obat gratis. Mungkin tidak banyak yang tahu, terkadang ada farmasi obat yang menawarkan obat gratis. misalnya begini, beli 2 obat gratis 1. Biasanya untuk obat obat tertentu
Atau ada pula yg menawarkan harga yang miring lho. untuk informasi mengenai ini, bisa tanya ke dokter yang menangani kita. Biasanya para sales obat, memberitahu program begini pada dokter. Atau bisa pula Tanya ke Yayasan Kanker Indonesia di kota anda. walaupun tidak semua kantor YKI menangani masalah ini lho.

mungkin sekian dulu penjelasan dari saya. penjelasan diatas merupakan sebagian 
Berbagi Tips menghemat Pengobatan Kanker  saja. jika ada yang ingin sharring atau tanya tanya, bisa langsung inbox ya... 
Saya mau tidur dulu..., obat nyerinya udah bekerja nih... Jadi ngantuk deh...

#efek nggak bisa tidur karena nyeri kaki di tengah malam dan efek kemo yg belum selesai hihihi